Rabu, 17 September 2008

Standar Kompetensi Biologi SMA: Kelas XI & XII

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
  1. Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
  2. Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
  3. Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)

2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas
  1. Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
  2. Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya

3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia, kelainan/ penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
  1. Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
  2. Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah

4. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia, kelainan/ penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
  1. Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia
  2. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia
  3. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia
  4. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
  5. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
  6. Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit

5. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
  1. Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
  2. Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
  3. Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
6. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme.
Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme.
Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat.
Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein

7. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
  1. Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
  2. Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis protein
  3. Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
  4. Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
  5. Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas

8. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas
  1. Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
  2. Mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi
  3. Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi Standar Kompetensi Dasar

9. Memahami prinsip-prinsip dasar dan peran bioteknologi serta implikasinya pada Salingtemas
  1. Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
  2. Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
  3. Mengaplikasikan bioteknologi sederhana yang terkait dengan kehidupan sehari-hari


A. Arah Pengembangan Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat kompetensi dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

1 komentar:

DIAN mengatakan...

hai tulisannya keren..............